3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Pemula Saat Memilih Kuas Make Up

  • 4 min read
  • Dec 13, 2019
3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Pemula Saat Memilih Kuas Make Up

Masuk di dunia baru di mana pun itu, haruslah mempelajari terlebih dahulu seluk beluk dari dunia tersebut agar saat telah berkecimpung di dalamnya tidak kikuk. Sangat tidak lucu jika setelah menyatakan diri kita menjadi seorang perias misalnya, lalu dihadapkan pada benda-benda penunjang bermake up harus  bertanya  terlebih dahulu ke sana kemari. Namun, sekalipun tidak sedang ingin menekuni dunia merias akan tetapi tertarik untuk mencoba mengaplikasikan pada diri sendiri pun, tidak ada salahnya jika mengetahui dasar-dasar dari make up. Baik berupa kosmetik apa saja yang diperlukan juga alat-alat tempur apa guna mengaplikasikan kosmetik tersebut di wajah. Salah satu alat tempur yang wajib dimiliki saat sudah mengetahui alat-alat kosmetik yang diperlukan adalah kuas make up. Karena selain ragam jenisnya yang sangat banyak, masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Jadi tidak asal membeli lalu dapat digunakan dengan serampangan. Hasil dari make up yang didapat tidak akan maksimal atau bahkan berantakan jika hal tersebut dilakukan.

Sebagai seorang pemula, paling tidak ada 3 hal penting yang harus diperhatikan untuk memulai.

  1. Memilih Bahan Kuas Make up yang Tepat

Setiap wajah memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, sehingga diperlukan kehati-hatian yang sangat tinggi jika hal tersebut berkaitan dengan masalah kulit. Jangan hanya fokus kepada kosmetiknya saja, tetapi penting juga untuk mengetahui jenis bulu yang digunakan pada kuas make up yang akan digunakan. Kuas make up akan langsung menyentuh kulit wajah saat membubuhkan kosmetik, sehingga kita harus mengenalinya sebelum terjadi alergi atau iritasi. Jenis bulu yang digunakan pada kuas kosmetik ada dua. Yang pertama kuas make up yang  terbuat dari bahan alami yaitu dengan menggunakan  bulu-bulu binatang. Bulu-bulu tersebut sangat halus, tetapi selain harganya mahal juga dapat membuat reaksi alergi bagi yang memiliki kulit sensitif. Bahakan jika kulit kita tidak sensitif dan mudah alergi pun harus  selektif lagi dengan mencari tahu bulu-bulu binatang apa yang digunakan pada kuas make up tersebut. Terutama pada perias atau pengguna muslim, apakah bulu binatang yang digunakan adalah bulu musang, tupai, kambing, atau babi. Kedua, kuas dengan bulu berbahan sintetis. Kuas ini memakai bulu buatan yang biasanya terbuat dari serat nylon, polyester, atau taklon. Meskipun kuas ini tidak sebagus bulu alami karena teksturnya hampir menyerupai bulu halus pada manusia, tetapi kuas dengan bahan sintetis ini pun memiliki kelebihan. Selain harga kuas ini lebih murah dari kuas berbahan bulu alami juga mudah dibersihkan serta lebih awet, sehingga jatuhnya lebih murah. Pada beberapa merk kuas make up berbahan sintetis, bulunya bahkan ada yang sangat lembut hampir menyerupai kuas berbahan alami. Bijak dalam memilih bahan kuas make up akan menyelamatkan kulit dari alergi atau iritasi.

3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Pemula Saat Memilih Kuas Make Up

  1. Mempelajari Setiap Jenis Serta Fungsi Masing-masing Kuas Make Up

Setelah menemukan bahan apa yang tepat untuk kulit kita, maka penting mempelajari berbagai jenis kuas make up yang beredar di pasaran. Berbagai bentuk serta ukuran kuas make up yang ditawarkan akan membuat bingung saat membelinya jika tidak tahu fungsi atau kegunaan masing-masing dari kuas tersebut. Membeli seluruh kuas dengan bentuk serta ragamnya pun akan sangat tidak efektif saat tidak mengetahui fungsinya. Ada berbagai bentuk bulu kuas serta fungsi untuk masing-masing bentuk. Ada yang ujungnya berbentuk bulat jamur, oval, asimetris, runcing, tebal, juga tipis. Secara umum, fungsi dari kuas-kuas tersebut adalah untuk memoles lipstick, eyeshadow, bedak, foundation, blush on, dan mascara. Menggunakan kuas make up untuk mengaplikasikan kosmetik pada wajah membuat pulasan lebih flawless dan natural. Tekstur lembut ujung-ujung bulu kuas membuat taburan kosmetik menjadi lebih merata sempurna mengisi pori-pori wajah, sehingga terlihat merata serta menyatu alami dengan kulit. Kuas yang saat ini tengah popular di kalangan MUA adalah Kuas Kabuki. Kuas ini berbentuk laksana rambut pemain kabuki atau bulat jamur mempunyai deret bulu yang sangat padat, tebal, serta elastis. Jika dipulas pada wajah akan membuat bedak tabur atau bedak padat membaur dan menampilkan riasan alami. Bahkan, kuas ini dapat digunakan untuk memoles wajah dengan mineral foundation. Untuk kuas yang memiliki bentuk asimetris di satu sisi lebih tinggi dan runcing, digunakan untuk membuat contouring pada area rahang, tulang pipi, serta garis dahi untuk usaha membuat efek tirus. Namun ada juga kuas serupa yang lebih kecil dan teksturnya lebih keras, digunakan untuk membuat garis mata agar lebih presisi. Kuas ini biasa disebut Angled Eyeliner Brush. Sementara kuas berbentuk lancip, adalah kuas khusus untuk memulas lipstick agar lebih rata dan dapat membuat garis bibir yang rapi. Belum lagi kuas mascara, kuas alis untuk merapikan dan menghaluskan kosmetik agar terlihat natural.

  1. Mencari Kuas Make Up yang Bagus dan Sesuai Budget

Setelah mengerti tentang bahan, ragam serta fungsi, dan yang tidak kalah pentingnya adalah mencari kuas make up yang bagus dan sesuaikan juga dengan budget. Jangan sampai tergoda harga murah tetapi bahannya mudah rusak atau rontok dalam beberapa kali pakai saja. Atau mendapatkan harga mahal tetapi tidak berbanding lurus dengan kualitasnya. Selain kecewa, juga membuang-buang uang karena kurang teliti dan tidak survey terlebih dahulu. Survey dapat dilakukan dengan bertanya langsung pada mereka yang telah memiliki pengalaman dalam bidang merias wajah atau MUA, atau dengan cara berselancar di internet mencari review para blogger tentang kuas make up yang bagus beserta harganya. Penting untuk tidak mudah tergiur iming-iming harga murah dari produsen yang tidak jelas perusahaannya. Karena kuas make up adalah alat yang bersinggungan langsung dengan kulit kita, apalagi kulit wajah adalah area yang sangat rentan. Berhati-hati dalam memilih suatu produk sangat diutamakan, sebelum menjadi sesalan di kemudian hari. Jika yang menjadi korban hanyalah barang yang mudah rusak, maka kerugian materi ini bisa dicarikan ganti. Namun, jika yang menjadi korban adalah kulit wajah yang membuatnya terluka atau bahkan iritasi parah sehingga berpotensi merusak, akan sangat sulit memperbaikinya. Lalu, bagaimanakah jika telah melakukan semua rangkaian cara di atas tetapi tidak ada waktu untuk pergi mencari kuas make up yang dibutuhkan?

Mencari kuas make up berbagai merk serta ragam jenisnya bisa dilakukan dengan mudah dengan cara online. Bisa melalui marketplace terpercaya seperti di ilotte.com yang tentunya memberikan banyak keuntungan kepada konsumen. Ilotte.com selain memberikan tawaran terbaik dari diskon langsung, voucher, hingga cashback pun bisa didapatkan di sini. Selain kuas make up, masih banyak barang yang dapat dibeli dengan mudah di sini.