Inilah Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel

Inilah Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel

Menghilangkan ketombe bandel sebenarnya tidak sulit. Cukup pastikan Anda memilih Shampo Anti-Ketombe yang tepat, dan mengikuti perawatan dengan rutin. Anda pasti segera bebas ketombe. Ketombe yang bandel sebenarnya bukanlah sebuah jenis ketombe baru, tetapi akibat dari perawatan ketombe yang tidak konsisten. Pada dasarnya penyebab ketombe selalu sama, yaitu mikroba bernama Malassezia globosa yang timbul secara alami di kulit kepala Anda.

Agar anda dapat mengatasi masalah ketombe dengan tepat, ada beberapa hal yang mungkin harus Anda pertimbangkan:

  • Apakah hal itu memang benar ketombe atau hanya sel kulit mati dari kulit kepala kering
  • Lalu, Anda perlu memastikan seperti apa tipe kulit kepala Anda. Apakah kulit kepala berminyak atau kering?

Setelah memastikan semuanya, Anda bisa mengatasi masalah ketombe dengan perawatan yang tepat.

Ketombe di Kulit Kepala Kering

Tidak semua serpihan kecil yang rontok dari kepala itu adalah ketombe, bisa saja itu adalah sel kulit mati dari kulit kepala yang kering. Gejala antara ketombe dan kulit kepala kering memang sama yaitu adanya serpihan kecil yang rontok dari kulit kepala dan juga rasa gatal. Tapi bedanya, ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang terlalu berminyak sehingga menumpuk dan menjadi ketombe. Sedangkan kulit kepala yang kering bisa mengelupas dan akhirnya rontok menyerupai ketombe.

Cara membedakan antara kulit kepala kering yang rontok dengan ketombe adalah dari bentuknya.

  • Kulit kepala yang rontok berbentuk serpihan kecil dan kering.
  • Ketombe berbentuk serpihan besar, berminyak, dan berwarna putih atau kuning.

Untuk mengetahui apakah kamu memiliki kulit kepala yang kering, kamu bisa coba analisis apakah kamu merasakan gejala-gejala berikut ini: rasa gatal yang tidak kunjung hilang, munculnya ketombe, rasa nyeri, atau *rambut rontok. Terkadang akar masalah dari kulit kepala kering ini sesederhana kurang minum air putih atau terlalu sering keramas. Namun bisa juga kulit kepala kering terjadi karena kondisi medis seseorang seperti eksim atau psoriasis.

Ada beberapa bahan-bahan alami yang bisa membantu mengatasi kulit kepala kering seperti minyak kelapa, tea tree oil, lidah buaya, sari cuka apel, kombinasi minyak zaitun dan baking soda, pisang, kombinasi yoghurt dan telur, serta alpukat.

Penyebab Kulit Kepala Kering

  1. Produk perawatan rambut yang kasar dapat menyebabkan iritasi dan dermatitis kontak.
  2. Asupan gizi yang tidak seimbang seperti: kurang cairan (dehidrasi), terlalu banyak konsumsi gula, lemak, atau tepung.
  3. Penuaan: kulit kita akan semakin kering seiring bertambahnya usia.

Kebanyakan orang yang memiliki kulit kepala kering merasakan rasa gatal yang berlebihan. Hal ini adalah tanda-tanda bahwa kulit kepalamu sudah terlalu kering. Segera cari perawatan yang tepat untuk meredakan rasa gatal dan mengatasi kulit kepala kering. Setelah teratasi, biasanya tidak ada lagi serpihan sel kulit mati yang rontok dari kepala.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kulit kepala kering dapat diatasi dengan memilih produk perawatan rambut yang dapat melembapkan dan hindari keramas dengan air panas. Namun jika setelah sebulan kondisi tidak membaik dan malah muncul pembengkakan dan iritasi, sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter.

Leave a Reply