Pipa adalah komponen penting yang pastinya ada di setiap rumah. Bukan hanya digunakan sebagai saluran air saja, melainkan pipa juga bisa digunakan untuk hal lainnya seperti untuk melindungi kabel listrik dan juga digunakan untuk membuat kerajinan. Pipa sendiri memiliki standarisasi yang beragam seperti yang sudah saya tuliskan pada postingan sebelumnya. Namun yang paling banyak ditemukan di Indonesia adalah pipa SNI dan juga pipa JIS. Untuk pengertian dari masing-masing pipa tersebut tidak akan saya bahas disini, sebab sudah saya bahas pada postingan sebelumnya.

Perbedaan Pipa SNI dan Pipa JIS

Banyak dari masyarakat yang masih belum tahan dan bertanya apa sih perbedaan yang ada pada kedua jenis pipa ini? selain dilihat dari warna, antara pipa sni dan juga pipa jis bisa anda ketahui dengan beberapa perbedaan dari pipa SNI dan pipa JIS dibawah ini.

1. Standarisasi Pipa

yang pasti perbedaan pertama adalah pada standarisasi dari pipa tersebut. Pipa SNI tentu saja menggunakan standar negara Indonesia, sedangkan untuk pipa JIS tentu saja mengacu pada standar industri Jepang. Pipa SNI biasanya memiliki warna puith sedangkan pada pipa JIS biasanya memiliki warna abu-abu.

2. Ketebalan Pipa

Jika dilihat dan diukur untuk Pipa SNI memiliki ketebalan yang lebih tipis jika dibandingkan dengan pipa JIS. Setidaknya ada selisih kuran glebih 2 mm pada ketebalan masing-masing pipa. Dimana Pipa JIS memiliki ketebalan 6.6 mm sedangkan untuk pada pipa SNI memiliki ketebalan sekitar 4.1 mm.

3. Panjang Pipa

Pada produk Pipa JIS yang dijual rata-rata memiliki panjang hingga 4 meter setiap batangnya. Sedangkan untuk pipa SNI memiliki panjang yang beragam, ada yang memiliki panjang 4 meter atau ada juga yang memiliki panjang hingga 6 meter tergantung pada diameter produk pipa SNI tersebut. Untuk yang memiliki diameter kurang lebih 4″ biasanya memiliki ukuran panjang 4 meter. Sementara untuk berdiameter diatas 2″ memiliki panjang 6 Meter.