Para era digital ini pastinya semua orang sudah mengenal yang namanya internet Banking merupakan suatu aktivitas yang berhubung dengan perbankan. Dengan adanya internet banking maybank kamu bisa melakukan aktivitas transaksinya dilakukan di rumah, kantor atau juga tempat yang lainnya dengan menggunakan jaringan internet. Fasilitas dari internet Banking ini pertama kali digunakan oleh salah satu bank di dunia yaitu Security First Network bank.

Pada saat ini internet Banking terkadang dikenal dengan istilah E-banking atau bisa disebut Electronic Banking, selain dari ke dua istilah tersebut, juga sebagai vyber Banking, virtual Banking, Home Banking dan juga Online Banking. Dengan cara menggunakannya relatif sangat mudah sekali, hanya cukup dengan mengunjungi situs bank tersebut untuk melakukan transaksi perbankan.

 Transaksi yang dapat dilakukan melalui internet Banking juga ada banyak sekali macam-macam yang dimulai dari transfer dana, cek saldo, mutasi rekening sampai dengan keperluan rumah tangga seperti membayar tagihan listrik dan membayar tagihan telepon.

Cara Mendaftar Internet Banking

Agar kamu bisa menikmati kegunaan dan manfaatnya, pertama-tama kamu harus mendaftar terlebih dahulu internet Banking melalui ATM dan juga bisa langsung melalui bank yang bersangkutan. Ketika mendaftar di mesin ATM juga kamu hanya perlu memasukkan kartu debit di mesin ATM selanjutnya input pin dan lalu buka menu pilihan internet Banking dan mendaftar sesuai dengan panduan yang ada di ATM tersebut.

Setelah kamu selesai mendaftar, proses berikutnya adalah aktivasi melalui login ke situs bank yang bersangkutan, dan kamu hanya tinggal mengikuti panduan yang ada di situs tersebut. Sampai dengan tahap ini, status kamu masih hanya bisa sebatas mengecek transaksi saja.

Ketika kamu dapat ingin dapat melakukan transaksi perbankan, kamu harus bisa datang ke CS atau Customs Service untuk mendapatkan OTP (One Time Password) atau token. Bagi kamu pengguna token, maka proses transaksi menggunakan alat yang simpel sekali hanya dengan mengunjungi situs bank dan selanjutnya pilih layanan internet.

Selanjutnya kamu dapat masukkan usir ID dan juga password, lalu pilih menu yang diinginkan dan ikuti saja perintah sesuai dengan yang tertera pada menu, termasuk mengaktifkan token untuk pertama kalinya. Pada saat kamu sudah melakukan bertransaksi, maka kamu akan menerima sebuah email dari bank yang terkait mengenai transaksi yang dilakukan, dan sekaligus menjadi salah satu pemberitahuan bahwa bukti transaksi sudah sukses atau berhasil.

Manfaat dan Keuntungan

Fasilitas internet Banking mempunyai berbagai macam manfaat dan keuntungan bagi nasabah sebuah bank.

  • Melakukan transfer uang nun tunai

Dengan kamu menggunakan internet Banking, kamu sebagai nasabah tidak harus ribet pergi ke ATM atau ke bank untuk melakukan transfer uang. Dan kamu hanya perlu log in ke situs bank yang bersangkutan, memasukkan rekening tujuan serta nominal rupiah atau dolar yang akan kamu transfer, selanjutnya dalam hitungan menit atau bisa sampai detik dengan cepat uang akan berpindah ke rekening yang di tuju.

  • Mengecek saldo dan mutasi rekening

Ketika kamu ingin melihat saldo rekening, kamu tidak perlu lagi pergi ke ATM terdekat, akan tetapi hanya cukup dengan manfaat fasilitas maka kamu dapat mengecek saldo kapan pun di mana pun Hanya dengan smartphone, laptop, dan masih banyak lagi dengan menggunakan koneksi internet.