Banyak orang memiliki keraguan tentang pentingnya pendidikan pra-TK. Ini jelas terwujud ketika legislatif tidak berhasil berusaha mengeluarkan undang-undang yang akan membuat pendidikan pra-sekolah wajib untuk semua anak.

Banyak warga tidak setuju dengan pentingnya menggunakan dana pembayar pajak untuk mendanai program Pendidikan Anak Usia Dini wajib, termasuk orang tua yang ingin mendidik anak-anak mereka sendiri.

Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang terdaftar dalam program mendapatkan manfaat dengan menerima pendidikan formal sebelum TK yaitu pendidikan anak usia dini.

Menurut beberapa penelitian, anak-anak yang terdaftar dalam program-program ini lebih berperilaku dan memiliki nilai IQ lebih tinggi setelah mendaftar di taman kanak-kanak daripada teman sebaya mereka tanpa pendidikan formal.

Kebanyakan spesialis pendidikan anak-anak mengklaim bahwa anak-anak kecil belajar terbaik ketika mereka tidak didorong terlalu keras, mereka memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan teman sebaya mereka, dan orang tua serta instruktur mereka memperlakukan mereka dengan baik.

Demikian juga, anak-anak belajar paling baik ketika kegiatan pengajaran dan pendidikan hanya sebagian kecil dari hari-hari mereka. Ini terutama berlaku bagi anak-anak yang terdaftar dalam program pra-sekolah karena tidak baik bagi anak-anak kecil untuk dipisahkan dari orang tua mereka untuk waktu yang lama.

Anak-anak biasanya tidak mendapat manfaat dalam program dengan guru yang tidak berpengalaman dan ukuran ruang kelas yang besar.

Anak-anak yang diajarkan pada usia dini biasanya mendapat manfaat dengan cara seperti peningkatan keterampilan sosial, kurang atau tidak perlu pengajaran pendidikan khusus selama tahun-tahun sekolah berikutnya, nilai yang lebih baik, dan peningkatan rentang perhatian.

Demikian juga, beberapa peneliti telah menyimpulkan bahwa anak-anak kecil yang terdaftar dalam program pra-sekolah biasanya lulus dari sekolah menengah, kuliah, memiliki lebih sedikit masalah perilaku, dan tidak terlibat dengan kejahatan pada masa remaja dan dewasa muda mereka.

Apa Manfaat Tentang Pendidikan Anak Usia Dini?

Selain bermanfaat bagi anak-anak yang mengalami perkembangan normal, itu juga menunjukkan bahwa anak-anak dengan pembelajaran atau cacat fisik lainnya sangat diuntungkan dari pendidikan pra-TK.

Anak-anak mengajarkan cara berbicara bahasa kedua selama masa perkembangan awal mereka juga berada dalam posisi yang lebih baik untuk belajar bahasa Inggris di usia muda. Banyak orang tidak merasa pemerintah harus menentukan apakah anak-anak harus diminta untuk menerima pendidikan pra-TK formal.

Salah satu alasannya adalah anak-anak yang dididik oleh orang tua mereka selama tahun-tahun awal perkembangan mereka mengalami manfaat yang sama dengan anak-anak yang terdaftar dalam program pra-sekolah, terutama anak-anak yang menerima banyak perhatian dari orang tua.

Orang tua yang memutuskan untuk mendidik anak-anak mereka sendiri harus menggunakan ide dan kegiatan kreatif ketika mendidik mereka.

Tidak peduli perbedaan pendapat tentang pendidikan pra-taman kanak-kanak formal, anak-anak mendapat manfaat dari menerima beberapa jenis pendidikan selama tahun-tahun awal perkembangan mereka.

Namun, tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua instruksi yang paling cocok untuk semua anak. Sementara beberapa anak mendapat manfaat yang sangat besar dari pra-sekolah, itu mungkin bukan pengaturan pendidikan terbaik untuk anak-anak lain.

Dalam kebanyakan kasus, anak-anak mendapat manfaat paling banyak dengan menerima instruksi Pendidikan Anak Usia Dini dari orang tua mereka. Orang tua harus mengevaluasi kepribadian unik anak sebelum menentukan program mana yang paling cocok untuk anak karena tidak semua program menguntungkan anak dengan cara yang sama.