Kerupuk bonggol pisang, memang tak dapat dipungkiri jika masyarakat Indramayu ini terbilang kreatif di dalam mengolah berbagai macam bahan makanan, salah satunya adalah bonggol pisang. Bagian dari pohon pisang yang dianggap sebagai sampah ini ternyata dapat diolah menjadi sebuah masakan yang lezat dan renyah, dimana diolah menjadi kerupuk bonggol pusang. Ide yang mana berasal dari Desa Pringcala tersebut sudah terbukti dapat dijadikan sebagai lahan bisnis yang sangat menjanjikan. Dengan mengemas kerupuk bonggol pisang tersebut sampai dengan kemasan yang kekinian serta modern dan memasarkannya dengan sosial media, sekarang ini makanan khas Indramayu ini banyak dijadikan sebagai oleh – oleh.

  • Keripik Tike

keripik tike, selain kerupuk bonggol pisang, ada juga keripik tike, dimana makanan ini merupakan sebuah keripik dengan bahan dasar umbi rumput teki. Makanan ini juga menjadi Krupuk Khas Indramayu yang di sukai masyarakat dan para wisatawan. Mungkin saja banyak di antara Anda yang mana penasaran bagaimana rasa dari bahan yang tak biasa tersebut. Namun ternyata keripik tike ini memiliki cita rasa yang enak, dimana renyah, terlebih lagi dengan bumbu – bumbu spesial. Dengan hal tersebut ternyata membuat banyak wisatawan yang penasaran dan juga rela untuk merogoh kocek sampai dengan 120 ribu rupiah untuk bisa mendapatkan 1 kg keripik tike ini.

Apa Saja Krupuk Khas Indramayu?

  • Kerupuk Kulit

Lalu ada juga kerupuk kulit, dimana terdapat dua jenis pilihan kerupuk kulit khas dari Indramayu, adapun pilihannya sendiri adalah kerupuk kulit yang terbuat dari bahan kulit sapi dan juga dari kulit ikan. Kedua jenis kerupuk kulit tersebut memang terasa gurih dan juga banyak diminati oleh para wisatawan. Tanpa bahan pengawetpun kerupuk kulit ini juga cukup awet sehingga sangat cocok dijadikan sebagai sebuah oleh oleh khas Indramayu.

  • Keripik Buah Mangga

Satu lagi yang berjenis keripik, Indramayu ini memang terkenal akan buah mangganya, oleh karena itu tak heran jika terdapat berbagai macam olahan dari buah mangga, selain dodol mangga dan sirup mangga, juga terdapat olahan mangga yang lainnya, yaitu keripik mangga. Karena keripik mangga ini lebih awet dan tahan lama, maka banyak diminati oleh banyak wisatawan sebagai oleh – oleh khas dari Indramayu.

  • Cimplo

Selain itu ada juga cimplo yang mana makanan ini sering kali disajikan pada beberapa acara adat yang ada di Indramayu. Bahan yang digunakan untuk membuat cimplo ini sendiri adalah tepung beras, kemudian tape singkong, air kelapa tua dan juga bibit roti. Semua bahan tersebut nantinya akan dibuat menjadi sebuah adonan, lalu untuk cara memasaknya sendiri adalah dikukus. Makanan ini sendiri biasanya akan disajikan dengan menggunakan air gula yang mana terbuat dari gula merah, parutan kelapa dan juga daun pandan. Makanan ini juga sering kali dijadikan sebagai oleh – oleh favorit masyarakat. Demikianlah beberapa ulasan tentang Berbagai macam-macam krupuk khas indramayu yang lezat semoga ulasan ini bermanfaat.