Wisata Religi di Taman Lumbini Jawa Tengah

  • 2 min read
  • Jan 09, 2020
Taman Lumbini

Hidup hanya sekali, puas-puasin sebelum mati! Kamu setuju dengan ungkapan itu? Setuju atau tidak, hidup dan mati itu mutlak.

Yang relatif adalah kata “puas-puasin” yang harus sesuai konteks. Kalau konteksnya ibadah, tentunya ungkapan itu pas banget untuk siapa pun. Karena hidup gak boleh melulu mikirin dunia, atau tentang hari ini saja. Tahu-tahu jadi setuju kan?

Kalau ngomongin ibadah, biasanya langsung merasa gak pantas. Apalagi yang sehari-hari kerja gila-gilaan. Bahas ibadah? Duh, malah tertohok sendiri. Nanti-nantilah, setelah tua atau agak luang sedikit. Padahal begitu ada waktu luang, penginnya malah liburan. Jadi kapan ibadahnya?

Bagaimana kalau dua hal itu kita padukan? Liburan sambil ibadah. Wisata rohani gitu!

Untuk kamu yang Muslim, sudah tahu dong berwisata ke mana. Yang jelas waktunya bukan saat musim Haji. Karena bisa merusak niat dan kekhusyukan. Sobat yang beragama Kristen juga bisa berwisata rohani, salah satunya ke Vatikan.

Untungnya kamu yang beragama Buddha (huruf D-nya didobel ya, biar sesuai KBBI) gak harus keluar negeri untuk bisa berwisata rohani. Kok bisa? Ya bisa, kan Indonesia beragam agama dan budaya. Di sini semua ada!

Sebagai orang Indonesia tentu kita tak asing dengan Candi Borobudur, candi Buddha yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Tapi kita tidak sedang membahas Candi Borobudur, sebab candi ini memang sudah populer sejak kita belum punya ponsel pintar dan belum kenal Google.

Sekira 50 meter dari Candi Borobudur, ada taman cantik yang dinamai Taman Lumbini. Penamaan Lumbini diambil dari nama taman tempat Buddha Gautama dilahirkan. Tapi Taman Lumbini tak hanya ada di Jawa Tengah, melainkan juga di Sumatra, tepatnya di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Karo, Sumatra Utara.

Taman Lumbini Jawa Tengah sering digunakan sebagai lokasi ajang budaya, seni, bahkan konser. Tahun lalu diva pop dunia, Mariah Carey, hadir di Taman Lumbini untuk memeriahkan Himbara Borobudur Symphony.

Taman Lumbini Jawa Tengah kerap digunakan dalam perhelatan besar karena letak dan kondisinya yang representatif. Terdapat podium dan taman air, serta rumput tebal dan pohon buah-buahan yang menampilkan kesan teduh juga asri.

Pada hari-hari besar agama Buddha, di kompleks Candi Borobudur, termasuk Taman Lumbini, sering diadakan ritual keagamaan. Para biksu membaca Tripitaka, kitab suci berbahasa Pali yang berisi ajaran Buddha Gautama.

Untuk kamu yang bukan penganut Buddha, tetap bisa kok berkunjung ke Taman Lumbini Jawa Tengah. Kita bisa menikmati pemandangan alam yang indah sekaligus melihat peninggalan sejarah leluhur Nusantara di candi dan taman yang ada.

Menuju Taman Lumbini tentu tidak sulit, karena clue-nya jelas Candi Borobudur. Tapi untuk menikmati liburan yang nyaman dan terencana, kamu bisa gunakan jasa agen atau biro wisata.

Karena Candi Borobudur adalah objek wisata yang terkenal luas, kamu bahkan tak harus menggunakan jasa agen wisata di Jawa Tengah untuk menjadikan Taman Lumbini sebagai destinasi liburanmu.

Misalnya Joglo Wisata. Agen wisata yang berlokasi di Yogyakarta ini juga mencantumkan Candi Borobudur sebagai tujuan wisata yang bisa kamu datangi, meski tidak berada di Yogyakarta. Bahkan terdapat paket wisata Jogja yang bisa kamu pesan untuk perjalanan di luar Kota Jogja.

Tak hanya memfasilitasi kedatangan pengunjung ke suatu tempat, paket wisata Jogja juga merancang kegiatan dan berbagai hal terkait liburan atau jalan-jalan. Jadi simpel dan seru kan?

Jangan khawatir soal biaya, karena semua bisa diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi siapkan waktumu, rencanakan liburan akhir tahun sejak sekarang. Jangan lupa manfaatkan paket wisata Jogja supaya wisata rohanimu tetap khusyuk dan berkesan!