Beberapa Amalan Menjelang Ramadan, Termasuk Saling Berucap Maaf

  • 2 min read
  • Apr 29, 2021
ucapan maaf menjelang ramadhan

Menjelang bulan Ramadan, maka umat Islam disarankan atau dianjurkan mempersiapkan diri mereka untuk lebih banyak berbuat baik. Ramadan sendiri merupakan bulan yang dinantikan banyak umat Islam. Pada bulan Ramadan ini, terdapat rahmat dan pengampunan untuk orang yang sungguh-sungguh beribadah. Persiapan diri yang bisa dilakukan menjelang datangnya bulan Ramadan yaitu dengan kita memperbanyak amalan termasuk ucapan maaf menjelang ramadhan. Berikut ini ada beberapa amalan yang bisa dilakukan menyambut datangnya bulan Ramadan yang merupakan bulan suci.

Saling Maaf-maafan

Walau dihimbau tidak saling bersentuhan, banyak warga yang tetapi tetap halal bihalal karena memang silaturahmi dan bermaafan bisa dilakukan tidak mesti secara langsung. Saling bermaafan ini merupakan salah satu jenis amalan yang disarankan menjelang bulan Ramadan. Dengan meminta maaf termasuk juga memaafkan merupakan hal yang disyariatkan pada agama Islam. Tradisi bermaafan ini layak dilakukan terutama untuk mereka yang sudah pernah melakukan salah.

Dengan mau mengakui setiap kesalahan dan juga ikhlas memaafkan merupakan sifat orang bertakwa. Hal tersebut tentu sesuai juga dengan tujuan kita berpuasa, yakni meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah. Maka dari itu, jika kita ingin bebas dari kesalahan sesama insan, maka segeralah kita meminta maaf. Lalu begitu juga jika ingin kesucian diri agar bisa menyambut bulan Ramadan yang suci ini, maka lebih baik hendaklah kita saling memaafkan.

Mempersiapkan Niat

Dengan mempersiapkan niat merupakan amalan yang juga dianjurkan menjelang bulan Ramadan ini. Pada saat bersiap masuk bulan Ramadan, maka hal utama yang perlu dipersiapkan yaitu rohani. Hendaknya kamu menata niat menjalankan ibadah ini dengan sebaik-baiknya. Jangan lupa juga bertobat dari berbagai kesalahan saat masa lalu. Persiapan rohani serta niat yang benar-benar baik, maka harapannya pada saat masuk Ramadan, maka kita siap untuk menjalankan setiap ibadah secara khusyuk. Termasuk juga bisa menjalani bulan Ramadan dengan hati tenang, dan juga ikhlas.

Beribadah Sunnah

Rasulullah sering melakukan amalan dan ibadah sunah dalam menyambut bulan Ramadan. Bahkan telah disebutkan juga dalam hadis, Rasulullah berpuasa saat bulan Sya’ban, di samping puasa wajib saat bulan Ramadan. Ada banyak ibadah dan amalan sunnah yang bisa kita lakukan ketika bulan Ramadan. Pada dasarnya bulan Ramadan merupakan bulan suci yang penuh dengan pengampunan dan pahala yang berlipat ganda. Kesempatan ini lebih baik dimanfaatkan dengan baik untuk ikhlas beribadah agar mendapatkan ridho dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Ziarah Kubur

Dengan mengunjungi makam baik itu saudara, atau pun orang tua yang telah meninggal menjadi jenis amalan lainnya menjelang Ramadan yang disarankan. Bahkan ziarah makam ini juga telah dianjurkan Rasulullah SAW. Ada banyak hikmah di dalam ziarah makam tersebut. Hikmah dari ziarah kubur yaitu mengingatkan kematian dan juga kehidupan di akhirat. Di samping itu, berziarah kubur bisa meningkatkan kezuhudan juga mengenai berbagai kehidupan di dalam dunia. Dengan ziarah kubur dilakukan juga untuk mengirim doa kepada mereka yang sudah meninggal sebagai pengabdian.

Perbanyak Dzikir dan Doa

Ramadan merupakan momen tepat untuk kita menyucikan diri dan sekaligus mendekatkan kepada Allah. Alangkah baiknya juga kita memulai lebih awal agar bisa sebagai persiapan amalan menjelang Ramadan. Dengan doa dan juga zikir bisa menjadi ikhtiar batin supaya umat muslim mengamalkannya nanti di bulan Ramadan lebih siap lagi. Demikian informasi di atas seputar apa saja amalan yang bisa dilakukan menjelang bulan Ramadan.