Pengertian Tes TOEFL, Berapa Minimal Skornya?

  • MasMedia
  • Jun 27, 2022
Pengertian Tes TOEFL

Untuk anda para pelajar yang sekarang masih berada di jenjang SMA dan ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri, tentu saja anda harus mengikuti tes TOEFL terlebih dahulu dan mendapatkan skor yang tinggi. Nah untuk itu kursus TOEFL Jakarta ada di sini bisa anda andalkan agar dapat membantu mendapatkan nilai skor tinggi.

Sebab untuk melanjutkan kuliah atau pendidikan ke luar negeri anda harus bisa memahami dan mengerti bahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat dari hasil tes TOEFL tersebut.

TOEFL atau Test of English as a Foreign Language sendiri adalah ujian sertifikasi kemampuan berbahasa Inggris dengan logat Amerika yang dibutuhkan untuk anda sebelum mendaftar atau melanjutkan sekolah ke luar negeri. Biasa Nya ujian TOEFL ini dibutuhkan untuk pendaftar yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris, termasuk juga untuk pelajar di Indonesia.

Apa Itu Ujian Sertifikasi TOEFL ITP?

TOEFL ITP banyak digunakan saat ini dan menggantikan TOEFL PBT atau Paper based Test. TOEFL ITP sendiri digunakan untuk mengevaluasi kemampuan dalam berbahasa Inggris akademik setiap peserta yang mengikuti ujian TOEFL tersebut.

Tes TOEFL kebanyakan digunakan saat ini untuk institusi dan lembaga yang berasal dari negara Kanada atau Amerika Serikat. Karena digunakan oleh dua negara tersebut, sehingga nantinya banyak bahasa yang digunakan dalam tes adalah bahasa Inggris Amerika.

Bagaimana Format Tes TOEFL ITP?

Dapat dikatakan cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk menghadapi tes TOEFL adalah dengan cara mengetahui format tes yang akan dilakukan. Seperti kata pepatah, agar kita bisa memenangkan perang maka kita harus mengetahui dan memahami medan yang akan dihadapi.

Paling tidak anda juga harus tahu apa saja yang akan dikeluarkan ketika tes, misalnya dengan melakukan research terlebih dahulu di internet serta melakukan latihan melalui buku soal TOEFL yang dijual di sekitar kita.

Tidak hanya dengan latihan mengerjakan soal saja, namun anda juga sangat disarankan agar melakukan simulasi dari tes TOEFL tersebut. Salah satunya adalah dengan memahami format tes TOEFL ITP yang akan anda hadapi. Berikut adalah format tes TOEFL ITP :

  • Reading : Waktu 60 menit (35-55 Pertanyaan)
  • Listening : Waktu 60 menit (35-55 Pertanyaan)
  • Break : Waktu 10 menit.
  • Speaking : Waktu 20 menit (5 tugas)
  • Writing : Waktu 20 menit (2 soal esai)

Berapa Minimal Nilai Skor TOEFL Yang Harus Didapatkan?

Sebenarnya tidak ada nilai minimal skor TOEFL yang harus anda dapatkan. Namun dalam CECRL atau acuan standar Eropa yang sampai saat ini masih digunakan serta diakui dalam mengevaluasi tes TOEFL, setidaknya CECRL memiliki 6 kerangka dari tingkat kemahiran berbahasa Inggris. Berikut adalah 6 tingkat kemahiran berdasarkan CECRL TOEFL tersebut :

  • A1 : Untuk Pengguna Dasar Pemula
  • A2 : Untuk Pengguna Dasar Menengah
  • B1 : Untuk Pengguna Mandiri Tingkat Ambang Batas
  • B2 : Untuk Pengguna Mandiri Tingkat Lanjutan
  • C1 : Untuk Pengguna Ahli Dan Otonom
  • C2 : untuk Pengguna Bilingual atau Dwibahasa

Sepenting Apakah Tes TOEFL?

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya bahwa tes TOEFL digunakan untuk acuan standar kemampuan berbahasa orang yang merupakan native speaker. Hasil tes TOEFL ini bisa digunakan untuk kita melamar kerja di luar negeri hingga mengklaim beasiswa sekolah gratis di luar negeri.