Penyakit jantung merupakan salah satu gangguan kesehatan kronis dan sangat mengancam kondisi penderitanya. Umumnya gangguan kesehatan yang satu ini di awali kelainan yang terjadi pada pembuluh darah dan memicu terjadinya gangguan pada aliran darah, katup jantung, otot jantung maupun irama jantung yang menjadi tidak beraturan sehingga akan sangat mengganggu kenyamanan dan kualitas hidup penderita penyakit tersebut. Setiap bagian pada organ jantung memiliki peranan masing-masing yang sangat penting untuk mendukung kualitas kesehatan. Untuk itu, jika terdapat salah satu bagian dari organ jantung mengalami kelainan, maka dapat menimbulkan komplikasi penyakit berbahaya yang harus segera mendapat penanganan secepat mungkin seperti dari dokter Jantung terbaik di RS Harapan Kita Bekasi agar tidak terlambat dan dapat membahayakan nyawa penderitanya.

Komplikasi penyakit jantung terjadi karena prosedur pengobatan sebelumnya yang dilakukan tidak membuahkan hasil maupun tidak cocok dengan jenis penyebab penyakit tersebut, sehingga kondisi pasien justru bertambah parah. Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa masih ada berbagai faktor lain yang dapat memicu terjadinya komplikasi penyakit jantung seperti pasien kurang melakukan aktifitas fisik, kebiasaan minum alkohol dan merokok yang tidak dihentikan, maupun memiliki riwayat tekanan darah tinggi dan kolesterol yang tidak terkontrol dengan baik.

Pemeriksaan medis atau melakukan kontrol secara berkala merupakan cara terbaik yang dapat dilakukan agar dapat selalu mengetahui perkembangan penyakit jantung yang Anda derita. Berikut beberapa komplikasi penyakit jantung yang sering terjadi, antara lain:

  1. Gagal jantung.

Saat organ jantung tidak dapat memenuhi kebutuhan darah yang dibutuhkan tubuh karena gangguan pada otot yang tidak mampu melakukan pompa aliran darah, maka umumnya gagal jantung merupakan jenis komplikasi yang paling umum terjadi.

  • Stroke.

Berikutnya pada saat organ jantung tidak dapat berfungsi dengan baik, maka biasanya akan membentuk gumpalan darah yang berujung pada penyumbatan, sehingga sangat mungkin terkena penyakit stroke yang dapat terjadi secara tiba-tiba.

  • Serangan jantung.

Bagian arteri jantung yang mengalami penyumbatan akibat kolesterol yang tidak kunjung sembuh dapat membuat organ jantung tidak mendapat asupan darah yang cukup sehingga dapat terjadi serangan jantung yang diakibatkan kematian sel jantung karena tidak mendapatkan asupan yang cukup.

  • Angina.

Selanjutnya kelainan jantung yang satu ini dapat ditandai dengan nyeri pada bagian dada yang sering terjadi berulang dan akan semakin sakit ketika berada di ruangan pengap akibat tidak mendapatkan oksigen yang cukup.

Karena semua jenis komplikasi penyakit jantung di atas dapat terjadi sewaktu-waktu, maka para penderita gangguan kesehatan tersebut sebaiknya tidak melakukan aktivitas sendirian karena harus selalu mendapatkan pengawasan. Akan lebih baik lagi, jika penderita penyakit jantung mengurangi aktivitas di luar rumah karena berbagai polusi lingkungan yang dapat semakin memperparah penyakit Anda. Tidak ada salahnya melakukan konsultasi pada dokter gizi, agar Anda dapat mengetahui asupan terbaik untuk membantu prosedur pengobatan yang sedang dilakukan.

Demikian ulasan mengenai komplikasi yang dapat terjadi jika penyakit jantung tidak mendapat penanganan yang tepat. Sebagai rekomendasi pengobatan, dokter jantung terbaik di RS Harapan Kita dapat Anda pilih untuk memberikan solusi penanganan medis yang tepat. Berada di kawasan strategis tepat d Jalan Letjen S. Parman Kav.87, Anda dapat menemukan rumah sakit ini dengan mudah dari arah mana saja baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum yang banyak melewati area tersebut.