Mengenal Lebih dalam Tentang Kalori yang di Butuhkan Tubuh

  • 2 min read
  • Apr 05, 2021
Kalori

Mengenal kebutuhan kalori untuk tubuh itu sangat penting, karena jika kita terlalu rendah dalam memberikan kalori dalam tubuh atau bahkan terlalu tinggi kalori yang kita berikan dalam tubuh akan menyebabkan masalah kesehatan. Lalu, sebenarnya berapa banyak kalori yang dibutuhkan oleh manusia setiap harinya, dan bagaimana mendapatkan kalori dengan cara yang baik dan benar supaya sehat, serta apa arti dari kalori itu sendiri?

Kalori itu sangat penting untuk tubuh manusia. Jika tubuh tidak memiliki kalori, maka sel-sel dalam tubuh akan mati, serta organ-organ vital seperti jantung dan paru-paru tidak akan mampu melaksanakan fungsi dasarnya.

Kalori yang berfungsi sebagai unit dari energi, kalori juga mengacu pada setiap energi yang diperoleh dari makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap harinya. Kemudian tubuh akan memakai energi tersebut sebagai bahan bakar untuk melakukan berbagai aktivitas. Tapi yang menjadi masalahnya adalah, kita tidak tahu berapa banyak jumlah kalori yang haru ada dalam tubuh setiap harinya untuk tetap sehat tanpa khawatir akan berat badan.

Padahal jika kita terlalu banyak asupan kalori dengan tingkat tinggi akan menimbulkan risiko kesehatan seperti obesitas, meningkatkan risiko terkena stroke, kanker, dan penyakit jantung. Yang terpenting dan perlu kita tahu adalah, kandungan gula pada makanan berkalori tinggi menjadi sumber kalori yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Kelebihan kalori tersebut memiliki kontribusi dalam menambah berat badan dan juga memiliki peran yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Banyak juga penelitian yang telah dilakukan untuk memberikan data yang akurat mengenai jumlah kalori yang dibutuhkan dalam satu hari oleh tubuh. Menurut AKG (Angka Kecukupan Gizi) Republik Indonesia merekomendasikan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh pria usia 30-49 tahun adalah sekitar 2625 kkal per hari. Sedangkan untuk wanita jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh setiap harinya adalah sekitar 2150 kkal. Akan tetapi sebenarnya kebutuhan kalori masing-masing individu itu berbeda-beda, tergantung dari uisa, tinggi badan, berat badan, dan gaya hidup, kesehatan, serta aktivitas fisik yang dilakukan setiap hari. Namun kisaran kalori yang umum dapat membantu jika kamu ingin menurunkan berat badan atau hanya sekedar ingin menjaga kesehatan dan berat badan.

Cara Menghitung Kalori

Perlu kita tahu, bahwa ada dua jenis kalori yaitu, kalori kecil yang ditulis dalam satuan-nya adalah (kal) dan kalori besar dengan satuan (kkal) dengan kalkulasi atau perbandingan 1kkal sama dengan 1000 kal. Menurut P2PTM ada cara menghitung kalori yang dibutuhkan oleh setiap individu yang bisa kita hitung sendiri secara sederhana, karena hanya berdasarkan tinggi badan dan jenis kelamin. Sebelum itu kita harus tahu terlebih dahulu tinggi badan (TB) dalam satuan sentimenter serta untuk Berat Bada Ideal (BBI) dengan rumus dibawah ini:

BBI = (TB-100)-(10% x (TB-100))

Contoh soal:

Seorang wanita memiliki tinggi badan sekitar 170 cm tentukan Berat Bada Ideal (BBI) adalah…

BBI = (170-100)-(10% x (170-100))

       = 70 – (10% x 70)

       = 70 – 7 = 63

Setelah kita bisa mengetahui Berat Badan Ideal (BBI) seseorang selanjutnya, kita akan menghitung Kebutuhan Kalori Basal setiap individu.

KKB laki-laki = 30 kkal x BBI

KBB Perempuan = 25 kkal x BBI

Seperti soal diatas dan telah kita ketahui BBI seorang wanita yakni 63 maka KKB-nya adalah:

KKB = 25 kkal x 63 = 1.575 kkal / hari

Untuk menghitung jumlah kebutuhan kalori total (KKT) kamu bisa klik disini. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai apa arti dari kalori. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk kamu. Turunkan berat badan mu sampai ideal agar hidup mu tidak keberatan.