Saat mengetahui hamil setelah menunggu sekian lam, tentu akan timbul rasa senang tak terkira. Agar janin bisa tumbuh dengan baik, tentu ibu hamil perlu berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter kandungan secara rutin. Disamping juga memperhatikan setiap asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh harus yang bergizi baik. Dalam memilih dokter kandungan tentu akan banyak dilema, terlebih bagi yang baru pertama kali hamil dan belum memiliki pengalaman sama sekali dalam memilih dokter kandungan. Banyak hal yang menjadi pertimbangan, seperti masalah lokasi. Misalnya saja karena tinggal di daerah Jakarta Utara, akhirnya memilih dokter kandungan Jakarta Utara agar lebih dekat dalam memeriksakan kandungan dan berkonsultasi.

Apapun alasan yang diambil, tentu sudah melalui berbagai pertimbangan. Agar tidak berlarut-larut dan supaya Anda segera mendapat dokter kandungan yang sesuai, berikut ini ada beberapa pertimbangan yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Dokter yang sudah pernah menangani Anda.

Jika Anda pernah berkunjung ke dokter kandungan sebelum hamil, misal berkonsultasi terkait masalah menstruasi, pemeriksaan pap smear setiap tahun, dll. Maka Anda bisa mempertimbangkan memilih dokter yang sudah pernah menangani Anda tersebut karena sudah memiliki riwayat kondisi Anda, sekaligus juga bisa membuat Anda lebih nyaman.

  • Pertimbangkan waktu dan tempat praktik.

Sebaiknya pilih dokter kandungan dengan waktu praktik yang sesuai dengan waktu Anda. Akan lebih baik lagi jika dokter kandungan tersebut memiliki waktu praktik pada akhir pekan, sehingga Anda bisa lebih leluasa. Bahkan Anda juga menjadi lebih melakukan kunjungan dengan suami atau orang terdekat. Pertimbangkan pula tempat atau lokasi praktik dokter kandungan yang Anda pilih. Mengingat Anda harus periksa ke dokter kandungan setiap satu bulan sekali selama 9 bulan, maka pilih yang berlokasi dekat dengan tempat tinggal Anda. Misalnya jika Anda tinggal di daerah Jakarta Utara, pertimbangkan dokter kandungan Jakarta Utara yang terdekat. Hindari memilih dokter kandungan yang bereputasi bagus namun cukup jauh untuk menjangkaunya.

  • Pilih antara dokter kandungan pria atau wanita?

Dalam memilih dokter bisa disesuaikan dari pilihan Anda masing-masing, karena termasuk subyektif. Yang terpenting asal Anda nyaman dengan dokter yang Anda pilih, entah itu dokter itu pria maupun wanita. baik dokter pria maupun wanita, pertimbangkan reputasinya dalam memilih agar mendapatkan dokter kandungan terbaik untuk Anda.

  • Dokter kandungan yang komunikatif dan bisa dihubungi setiap saat.

Selama kehamilan pastinya akan ditemui berbagai hal yang mungkin baru bagi Anda atau belum Anda ketahui, terutama bagi yang baru hamil pertama kali. Dokter kandungan yang bisa dihubungi sewaktu-waktu dan memiliki dedikasi yang tinggi pada pasiennya tentu akan lebih membantu Anda.

  • Ada baiknya menyesuaikan dengan rujukan dari perusahaan tempat bekerja atau asuransi kesehatan yang dimiliki.

Bagi Anda yang biaya konsultasi kehamilan dan persalinan ditanggung oleh perusahaan atau asuransi yang dimiliki, maka pastikan dokter yang Anda pilih sesuai dengan rujukan. Misalnya saat memilih dokter kandungan Jakarta Utara yang dekat dengan rumah, maka pastikan dokter yang sudah dipilih memang sudah sesuai rujukan. Karena hal memang ada kaitannya antara dokter kandungan yang dipilih, rumah sakit untuk bersalin, dan rencana keuangan Anda. Untuk itu cari informasi yang cukup agar tidak salah ketika Anda memilih dokter kandungan.