Virus Corona yang belakangan ini tengah mewabah di seluruh dunia, memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya menciptakan keresahan bagi masyarakat. Hampir semua kalangan terkena imbasnya, mulai dari bisnis yang banyak mengalami kebangkrutan, kemudian juga dampaknya adalah PHK masal sampai dengan harga berbagai macam kebutuhan juga senantiasa mengalami peningkatan. Meskipun pemerintah sendiri sudah membuat berbagai macam kebijakan, memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya kontribusinya juga kecil, masyarakat khususnya adalah kelas menengah ke bawah yang benar-benar merasakan dampaknya secara nyata.

Bahkan dengan adanya himbauan bagi masyarakat untuk menjalani karantina di rumah, juga menyebabkan sebagian besar diantaranya mengalami stress. Beban pikiran semacam ini memang bukan hal yang patut untuk diremehkan. Karena tidak kalah berbahaya dibandingkan dengan penyakit yang menyerang tubuh secara langsung. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini, karena memang ketika Anda mengalami stress maka beresiko tinggi untuk menurunkan daya tahan tubuh, sehingga mempermudah untuk terserang penyakit. Termasuk diantaranya adalah resiko terserang virus Corona.

Untuk itu ada baiknya mengelola stress dengan baik. Hanya saja memang terkadang ada beberapa orang yang tidak mengetahui kala mereka sedang stress. Maka dari itu kenali beberapa gejala stress berikut ini yang harus diwaspadai, yaitu:

  1. Gejala emosi, gejala yang paling utama akan Anda rasakan disini adalah berhubungan dengan emosi. Dimana akan merasakan suasana hati yang berubah-ubah, kadang bahagia namun sekejab bisa menjadi sedih. Begitu juga dengan kondisi lainnya yang kerap kali terjadi adalah sering frustasi. Orang yang sedang stress biasanya akan tampak bingung hingga bisa sewaktu-waktu nantinya akan hilang kendali. Mereka juga memiliki kecenderungan untuk menghindari orang lain. Tampak berbeda dibandingkan dengan biasanya.
  2. Gejala fisik, selain gejala yang berhubungan dengan emosi, maka jenis gejala lainnya yang akan Anda alami adalah berhubungan dengan fisik. Ketika stress yang dialami sudah cukup parah maka biasanya akan mengalami masalah pencernaan, seperti diantaranya adalah mual sampai dengan diare. Kemudian juga jantung menjadi berdebar lebih kencang. Sampai mengalami gangguan tidur. Karena orang yang sedang stress memiliki sistem kekebalan tubuh cenderung lemah. Maka tidak dapat dipungkiri jika seandainya hal ini membuat mereka juga mudah terserang penyakit seperti flu da juga pilek.
  3. Gejala kognitif, ketika stress tubuh juga akan menunjukkan gejala kognitif, termasuk diantaranya menjadi mudah lupa, kemudian juga akan kesulitan di dalam memusatkan perhatian. Cenderung memiliki pandangan yang sifatnya selalu negatif sehingga sulit juga untuk bisa mengambil keputusan secara tepat atau dengan baik. Orang yang sedang stress biasanya juga akan lebih mudah pesimis.
  4. Gejala perilaku, biasanya orang lain juga akan menyadari perubahan perilaku Anda ketika tengah mengalami stress, seperti tidak mau makan, kemudian juga akan menghindari tanggung jawab. Mengalami perubahan dari yang dulunya tidak merokok kemudian merokok sampai memutuskan untuk mengkonsumsi alkohol sebagai pelampiasannya.

Waspadai siapa tau tanda-tanda ini ada dalam diri Anda, artinya memang tengah membutuhkan hiburan selama mengkarantina diri di rumah dalam menghadapi pandemi virus Corona tersebut. Ketahui juga bahwa penyakit yang berasal dari pikiran ini nantinya bisa berdampak lebih membahayakan bagi kesehatan Anda. Untuk itu harus tahu bagaimana cara mengelolanya secara tepat agar tidak bertambah parah. Temukan solusinya lewat situs Halodoc, Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter secara online disana.