Menakjubkan! Manfaat Teh Hijau untuk Tubuh yang Jarang Diketahui

  • 2 min read
  • Aug 24, 2020
Manfaat Teh Hijau

Manfaat teh hijau atau greentea sangatlah banyak. siapa yang tidak kenal dengan salah satu minuman teh yang juga banyak digemari oleh masyarakat. Pada dasarnya, teh ini berasal dari tumbuhan Camellia sinensis yang berasal di kawasan Tiongkok, China. Masyarakat pun banyak yang menyajikan minuman ini dicampur dengan berbagai bahan lainnya. Ada yang ditambah gula, madu, ada juga yang menambahkan susu ke dalamnya.

Namun siapa sangka, tidak hanya rasanya yang lezat saja. Rupanya, teh ini mempunyai kegunaan dan manfaat luar biasa bagi tubuh. Bahkan, kandungan antioksidan di dalamnya dipercaya sangat tinggi sehingga bisa membantu mengatasi beberapa masalah yang terjadi pada tubuh. Lantas, apa saja manfaat yang dihasilkan teh dari Tiongkok ini?

Manfaat teh hijau yang pertama adalah berhubungan dengan masalah jantung. Seperti yang diketahui, penyakit jantung menjadi momok paling menakutkan karena risiko mengancam nyawanya cukup tinggi. Biasanya, faktor pemicu seseorang terkena penyakit jantung adalah kolesterol yang ada di dalam tubuh cukup tinggi. Dipicu juga dengan tekanan darah yang tinggi sehingg risikonya akan semakin besar.

Dengan rutin meminum greentea, rupanya bisa membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Kandungan polifenol yang terdapat di dalamnya, bisa menghambat proses penyerapan kolesterol yang biasanya dilakukan oleh usus. Bahkan, kandungan ini pun bisa membantu menghilangkannya dari tubuh. Juga kandungan antioksidan di dalamnya  pun bisa membantu dalam mencegah penyumbatan pembuluh darah yang bisa berdampak pada terjadinya masalah jantung.

Melawan Sel Kanker

Hampir semua orang pastinya tidak ingin terkena kanker. Pada dasarnya, kanker terjadi ketika adanya pertumbuhan sel yang tidak normal di dalam tubuh. Pertumbuhan sel ini tentu didasari karena adanya antigen asing atau radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Bahkan beberapa kandungan lain dalam teh hijau seperti senyawa katekin bisa mengurangi risiko kerusakan sel-sel di dalam tubuh. Meskipun pengujian dan penelitian akan manfaat teh hijau ini sudah dilakukan, namun kepastiannya belum diresmikan tentang pengobatan untuk kanker.

Mencegah Diabetes

Selain penyakit jantung, diabetes pun menjadi salah satu penyakit yang banyak ditakuti oleh masyarakat karena cukup membahayakan dan mengancam keselaman jiwa. Pada dasarnya, diabetes mudah terjadi pada orang-orang yang mempunyai kadar gula darah cukup tinggi. Atau, faktor genetik dan turunan pun bisa menjadi pemicu seseorang terkena diabetes. Tak heran, beberapa orang yang dalam riwayatna terdapat list penderita diabetes, seringkali mereka melakukan pencegahan dari ini. Misalnya dengan mulai menerapkan pola hidup dan pola makan sehat.

Selain melakukan hal tersebut, untuk mencegah risiko terkena diabetes, Anda bisa rutin meminum teh hijau. Pasalnya, kandungan manfaat teh hijau berupa senyawa dan zat yang terdapat di dalamnya bisa membantu meningkatkan kinerja insulin di dalam tubuh. Bahkan dipercaya bisa menurunkan kadar gula yang ada di dalam darah. Meskipun begitu, tentu Anda mengomsumsi teh ini tanpa gula. Atau bisa menggantinya dengan madu agar manfaatnya maksimal.

Diet Sehat

Salah satu masalah yang juga banyak dikeluhkan oleh masyarakat adalah penambahan berat badan. Bahkan, penambahan berat badan ini pun sering memicu masalah lainnya seperti penyakit jantung juga diabetes. Tak jarang, banyak orang dengan berat badan berlebih melakukan diet ketat untuk menurunkan berat badannya.

Meskipun begitu, program diet ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Perlu pengetahuan dan tata cara yang tepat. Namun, untuk membantu menurunkan berat badan secara sehat, Anda bisa meminumnya secara rutin dan merasakan manfaat teh hijau tersebut. Kandungan katekin yang ada di dalamnya bisa membantu penyerapan lemak jahat di dalam tubuh.

Nah, beberapa hal tersebut tentunya membuktikan bahwa manfaat dari greentea sangatlah luarbiasa. Anda juga bisa mendapatkan informasi kesehatan lainnya melalui aplikasi Halodoc. Dapatkan juga layanan konsultasi gratis melalui fitur chat atau video call bersama dokter ahli untuk mengatasi setiap masalah kesehatan Anda.